Upacara Ucap Janji & Pesamangan Kap Profesi Angkatan ke XXIV

ADHC JAYA – Tepat kemarin, hari Rabu, 18 November 2020, AKPER Dharma Husada Cirebon melaksanakan Upacara Ucap Janji dan Pemasangan Kap Profesi. Sebanyak 33 Mahasiswa/i AKPER Dharma Husada Cirebon terdiri dari 3 Mahasiswa dan 30 Mahasiswi mengikuti acara tersebut yang dihadiri oleh Bapak Ns. Kasmad, M.Kep. (Direktur AKPER Dharma Husada), dan Bapak Ns. Komarudin, M.Kep. (ketua PPNI Kota Cirebon), beserta orangtua/wali Mahasiswa/Mahasiswi Angkatan ke XXIV.

Dalam sambutannya, Direktur AKPER Dharma Husada Cirebon menjelaskan bahwa pentingnya Upacara Ucap Janji dan Pemasangan Kap Profesi ini bukan hanya sekedar memasangkan atribut keperawatan dan melafalkan janji saja, melainkan untuk mempersiapkan diri dan melaksanakan kewajibannya sesuai dengan etika keperawatan.

“Acara ini merupakan suatu proses dimana mahasiswa/i AKPER Dharma Husada Cirebon diwajibkan untuk mengikuti pemasangan kap profesi dan sekaligus mengucapkan janji agar dalam melaksanakan praktik dan kewajibannya sesuai dengan etika profesi keperawatan. Selain itu, acara ini bertujuan untuk pergantian seragam perkuliahan dari putih coklat menjadi putih putih. Adapun warna putih tersebut bermakna melambangkan tanggungjawab seorang calon perawat, sehingga setelah memakai seragam putih tersebut harus menjaga tingkah laku, sopan santun baik kepada dosen pada saat praktikum di dalam lab, kepada pasien, maupun keluarga pasien pada saat praktik klinik di Rumah Sakit atau Puskesmas setempat.” ungkapnya.

Lebih lanjut, beliau berpesan kepada 33 Mahasiswa/i tersebut untuk dapat mempersiapkan diri dan memiliki motivasi lebih pada saat pelaksanaan praktik klinik nanti. “Pesiapkan diri kalian untuk memulai Praktik Klinik sebagai hasil evaluasi pembelajaran kalian selama 2 semester ini, jangan di jadikan sebagai beban, tapi jadikan motivasi agar kegiatan praktik klinik nanti nya menjadi bahan adaptasi ketika kalian nanti terjun kedunia kerja khususnya di Rumah Sakit atau Puskesmas.” sambungnya.

Sementara itu, ketua PPNI Kota Cirebon berpesan agar institusi pendidikan dapat mempersiapkan para calon lulusannya khususnya angkatan ke XXIV yang akan menghadapi ujian Exit Exam.

“Semoga dengan ada nya kegiatan Praktik Klinik ini dapat meningkatkan keterampilan Mahasiswa dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. dan untuk AKPER Dharma Husada Cirebon agar  dapat memberikan kualitas pembelajaran yang lebih baik karena kemungkinan untuk Mahasiswa Angkatan ke XXIV ini akan menghadapi Exit Exam, Exit Exam merupakan syarat anda mengikuti Wisuda, disamping anda para Mahasiswa harus lulus secara Akademik, anda juga harus lulus secara kompetensi melalui UKOM nanti.” Ungkap Ketua PPNI Kota Cirebon (Ns. Komarudin, M.Kep.).

Dalam acara tersebut, AKPER Dharma Husada Cirebon juga memberikan penghargaan kepada 3 besar Mahasiswa/i Angkatan ke XXIV yang berprestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *